SIDIA Software Aplikasi Edukasi dan Media Pembelajaran

Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan dalam bentuk aplikasi pembelajaran sudah banyak membuktikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal tersebut disebabkan karena aplikasi software tersebut memang dapat membantu kegiatan pembelajaran sehingga sangat menambahkan benefit dalam dunia pendidikan untuk siswa dan guru. Di masa yang serba modern kini siswa juga sudah mengenal berbagai teknologi modern seperti komputer ataupun laptop dan juga smartphone. Dari adanya peristiwa tersebut, tentunya media pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak juga di desain atau di rancang demudah mungkin agar dapat diaplikasikan oleh siswa dan guru dengan mudah. Namun, penggunaan dari software aplikasi juga seharusnya dikenali terlebih dahulu agar menjadi media pembelajaran yang mudah digunakan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efesien. Inilah beberapa fitur dalam perangkat lunak media pembelajaran yang perlu diketahui guru dan siswa:

 

  1. Bank Soal Pelajaran

Melalui software media pelajaran memang memudahkan guru dalam membuat soal terutama ketika menjelang ujian. Sebelum ujian, guru bisa membuat kumpulan soalnya terlebih dahulu pada bank soal pelajaran. Apabila sudah memasuki jadwal ujian maka dapat di cetak kemudian dibagikan kepada siswa. Tentunya dengan adanya fitur aplikasi bank soal pelajaran maka akan memudahkan pekerjaan guru dalam membuat soal sehingga pekerjaannya akan lebih efektif dan efisien. Biasanya guru menyiapkan soal ulangan dalam waktu jauh-jauh hari yang dapat menyebabkan kertas menjadi boros, namun apabila di simpan dalam konsep pada bank soal pelajaran maka lebih memudahkan guru menyiapkan soalnya jauh-jauh hari sehingga tidak repot ketika menjelang ujian.

  1. Tampilan Konten dalam Multimedia

Konten yang disajikan dalam media pembelajaran elektronik SIDIA bukanlah berbentuk teks, di era yang serba modern sekarang ini siswa memang akan lebih mudah merasa bosan apabila diberikan materi selalu dalam bentuk teks. Oleh karena itu, sebagai media software media pembelajaran melakukan update terbaru untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan tampilan media multimedia. Jadi, dalam menyampaikan materi guru tidak hanya memberikan konten teks tetapi juga menggunakan multimedia video yang sudah diyakini sangat interaktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, media video juga sangatlah impresif tidak menjenuhkan siswa dalam memahami materi.

  1. Peminjaman Buku di e-library

Di Indonesia konsep perpustakaan e-library memang belum terlalu dikenal untuk jenjang sekolah kecuali perguruan tinggi. Fungsi dari adanya peminjaman buku e-library adalah mampu memberikan kemudahan kepada siswa untuk mengakses peminjaman buku secara digital atau e-book sehingga tidak akan membuat buku hilang karena siswa meminjamnya secara digital begitupun proses pengembaliannya. Tentunya, hal tersebut sangatlah memudahkan siswa dalam mengakses buku bacaan, dimanapun dan kapanpun bisa meminjamnya melalui fitur e-library. Selain itu, siswa juga tidak akan diberatkan dengan fisik buku yang berat.

  1. Mengelola Jadwal Pelajaran

Biasanya jadwal pelajaran memang diinformasikan secara manual ditempelkan pada papan informasi ataupun dibagikan setiap kelas, hal tersebut ternyata menjadi salah satu penyebab terjadinya miss komunikasi apabila ada perubahan pelajaran secara mendadak. Dengan menggunakan aplikasi media pembelajaran interaktif memang sangat membantu dalam mengelola jadwal pelajaran karena dapat mengupdate informasi perubahan jam pelajaran dalam waktu cepat sehingga dapat diketahui oleh guru dan siswa. Apabila diterapkan dalam dunia digital maka tidak akan membuat miss komunikasi dari jadwal jam pelajarannya, guru pengampuh, ataupun jumlah siswanya.

  1. Kompatible di Berbagai Perangkat

Ketahuilah software aplikasi pembelajaran memang sudah didesain secara kompatible sehingga dapat digunakan oleh semua perangkat dari samartphone, komputer, ataupun laptop. Dengan begitu maka guru ataupun siswa dapat mengoperasikan aplikasi ini melalui beberapa perangkat yaitu ponsel ataupun komputer. Tak perlu khawatir dengan cara mengaksesnya yang sangat mudah siswa dan guru juga bisa mengaksesnya tidak hanya ketika di sekolah tetapi dimanapun dan kapanpun aplikasi tersebut dapat diaplikasikan. Tentunya dengan penggunaannya yang sangatlah fleksibel sangat memudahkan guru, siswa, dan orangtua murid dapat berkomunikasi.

Dari beberapa fitur yang dijelaskan di atas, SIDIA memang sudah memiliki fitur secara keseluruhannya sehingga dengan proses pembuatan secara matang, perangkat lunak ini dapat digunakan sebagai media pelajaran yang sangat memudahkan sekolah menyampaikan informasi edukasi lebih cepat dan mudah.

Dengan dukungan barkode yang terdapat di dalam aplikasi ternyata dapat di tambahkan secara berubah-ubah menyesuaikan setiap dokumen kemudian juga dilengkapi pula dengan fasilitas yang dapat membaca jumlah koleksi dokumen yang sedang beredar.

SIDIA perangkat kunak yang memudahkan dalam pembuatan kartu anggota perpustakan siswa ditambah dilengkapi dengan fasilitas authoring tools  buku yang sering dibaca atau favorit siswa, fitur batas maksimal pengembalian buku, status  dengan fitur lainnya yaitu :

  1. Membantu guru menyediakan media pembelajaran elektronik seperti buku dengan tambahan multimedia, seperti video.
  2. Terintegrasi untuk menampung teks, gambar, audio, video, animasi, button, checkbox, image gallery, animasi, tabel, integratif diagram, dan shapes,.
  3. Media presentasi untuk siswa.
  4. Adanya koleksi clip-art.
  5. Konten tanpa batas maksimal sehingga dapat mengupdate halaman sebanyak mungkin.

Fitur-Fitur di dalam SIDIA adalah:

Fitur lainnya pada SIDIA adalah :

  1. Dapat digunakan dengan jumlah pengguna yang sangat banyak.
  2. Dapat meningkatkan dan mengkontrol callbacks sebelum ataupun sesudah render.
  3. Account masuk pengguna yang dilengkapi nama pengguna dan kata sandi.
  4. Menu “Pelajaran”, berisi informasi jadwal pelajaran dilengkapi djumlah murid, kelas. nama guru, pelajaran, dan jam pelajaran per hari memiliki fungsi menyimpan soal atau konsep yang bisa di edit setiap waktu. Soal yang telah dibuat dapat diunduh dan dicetak untuk dibagikan ke siswa melalui random soal sebagai pembeda soal.
  5. Menu “Materi Pelajaran“ dapat dipastikan selalu cocok dengan kurikulum dan silabus yang berlaku dilengkapi juga dengan multimedia seperti video, animasi, suara, atau konsep visual lainnya agar murid tidak mudah bosan.
  6. Fitur Materi Video dilengkapi materi pembelajaran berupa video supaya siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan karena lebih terlihat visualisasi.
  7. Konten bersifat editable dapat ditambah dan di update sehingga para pendidik bisa merubah soa ulanganl, memasukan nilai siswa, dan merubah materi pembelajaran dengan jumlah konten tak termaksimalkan.
  8. Fitur e-voucher media komunikasi pemerintah daerah dengan murid sekolah atau orang tua murid dapat dioperasikan lewat laptop maupun ponselt.

SIDIA sudah memiliki persyaratan administrasi sesuai JUKNIS DAN JUKLAK DAK SD SDLB SMP dan SMU :

  • Standar Kualitas : ISO-9001:2015, ISO 14001:2004, ISO 27001:2013 & OHSAS 18001:2007,
  • Terdaftar HAKI dan merek software.

Informasi mengenai Jual dan Harga Software Edukasi Anak atau Software Pendidikan dan Media Pembelajaran Sekolah dapat diketahui disini :

HP / WA : 08118867897,

Telepon : +62215272455

Email Marketing : marketing[at]arfadia[dot]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *